Petugas Evakuasi Warga yang Tinggal disekitar Lereng Gunung Marapi

Bukit Tinggi, sinarindonesia.id– Warga disekitar lereng Gunung Marapi, Sumatera Barat, diminta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG), untuk mengosongkan kediamannya, terutama mereka yang tinggal di radius 4,5 Kilometer. Radius tersebut saat ini dalam kondisi berbahaya, karena sebaran abu vulkanik hingga kini masih terus terjadi.

“Kalau masih ada warga yang masuk dalam radius 4,5 kilometer ya harap segera dievakuasi,” kata Ketua Tim Tanggap Darurat Erupsi Gunung Marapi dari PVMBG, Kristianto, kepada awak media, Sabtu (13 Januari 2024).

Dijelaskannya, bahwa hingga kini PVMBG masih membutuhkan data yang valid dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), apakah masih ada atau tidak masyarakat yang bermukim dalam radius 4,5 kilometer.

“Kami sudah sampaikan ke BPBD untuk menyampaikan daerah mana saja yang ada penduduknya di area 4,5 Kilometer tersebut,” ucapnya.

Diungkapkan Kristianto, saat ini status Gunung Marapi berada pada level tiga (siaga), Kristianto mengimbau masyarakat tetap mengikuti arahan serta rekomendasi yang dikeluarkan PVMBG.

Sementara, terkait sebaran abu vulkanik yang hingga kini masih terus terjadi, PVMBG juga mengingatkan warga agar selalu menggunakan masker guna mencegah terjadinya gangguan infeksi saluran pernapasan. (Red)

By: @did