PKB: Jokowi Pemain Drama di Atas Drama Menjelang Pilpres 2024

Jakarta, sinarindonesia.id- Pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebutkan banyak drama menjelang Pilpres 2024, ditanggapi terbalik oleh Wakil Ketum Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid. Menurut Jazilul, pernyataan Jokowi tersebut termasuk  drama.

“(Itu) drama di atas drama,” kata Jazilul saat ditemui di acara perayaan ulang tahun ke 12 Partai NasDem, di Jakarta Pusat, Sabtu (11 November 2023).

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut soal drama politik menjelang Pilpres ketika menyampaikan sambutan dalam undangannya di puncak ulang tahun ke 59 Partai Golkar. Menurut Jazilul, konteks drama tersebut tidak lepas dari sosok Presiden. Ia menduga drama yang dimaksud Presiden Jokowi adalah drama yang dibuat oleh Presiden Jokowi sendiri.

“Ya drama di atas drama, yang membuat drama malah bilang drama,” ujarnya.

Selain Jazilul, pernyataan Presiden Jokowi soal drama politik tersebut juga dikomentari Juru Bicara Anies Baswedan Andi Sinulingga. Ia menduga yang paling mungkin memunculkan drama politik adalah Presiden. Menurut Andi, Presiden merupakan sosok penguasa yang memiliki kekuasaan.

“Persoalan ini jelas bahwa Jokowi itu adalah aktor sekaligus sutradara,” katanya.  “Dia sendiri yang orkestrasi, Jokowi sendiri yang mempermasalahkan, jadi Pak Jokowi itu sudah terlalu sering, bilang tidak akan impor, impor, macam macam yang dikatakan dilakukan sebaliknya,”.

Andi mengatakan dari rekam jejak Jokowi yang ada banyak menimbulkan ketidakpercayaan. Andi menyebutkan contohnya seperti yang sudah dilakukan oleh kader PDIP saat ini.

“Gak percaya lagi. Dan bukti ketidakpercayaan itu adalah aktivis-aktivis PDIP sendiri, dari rumahnya sendiri dan itu disampaikan oleh tokoh toko PDIP anda bisa cek sendiri jadi ya begitu,” Jelasnya.

Andi menilai Presiden hanya perlu munculkan narasi yang maju soal Pilpres 2024, maksudnya kata Andi, tidak terdistraksi persoalan yang ada di belakang.

“Jadi kita itu mau kemana sih? Mau maju? Ya narasi kita maju aja tapi ini kan mau dialihkan terlalu banyak drama dan terlalu banyak perasaan,” tutupnya. (red) 

By: Hadid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *