PKS Ragukan Survei Elektabilitas Anies-Cak Imin “Terburuk”

Survei Elektabilitas Bacapres-Bacawapres Perubahan

Jakarta, Sinarindonesia.id – Survei yang hingga hari ini, menyebutkan elektabilitas bakal pasangan calon presiden-wakil presiden Anies-Muhaimin (Anies & Cak Imin) berada di urutan terakhir di antara dua bakal calon lainnya, mengundang keraguan Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Al-Habsyi.

“Seluruh survei jelek semua, tetapi di jalanan banyak massanya. Itu yang ga jelas, yang bener yang mana juga saya nggak tahu,” kata Aboe Bakar, kepada wartawan usai menghadiri diskusi di Jakarta Selatan, Minggu (29 Oktober 2023).

Aboe Bakar mengatakan bahwa Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar merupakan bakal pasangan capres-cawapres yang paling siap, meskipun awalnya dianggap sebelah mata oleh beberapa pihak.

“Seoalah-olah paslon ini nggak akan masuk, ternyata masuk gelombang pertama, daftar pertama, betapa siapnya si paslon,” ujar Aboe Bakar.

Sebelumnya, lembaga survei Indikator Politik Indonesia melaporkan bahwa Anies Baswedan berada di urutan ketiga terkait elektabilitas di Jawa Timur dengan persentase 14,4 persen. Elektabilitas Anies berada di bawah bakal calon presiden Ganjar Pranowo dengan 43,9 persen dan Prabowo Subianto dengan 33,8 persen. Sedangkan sebanyak 8,0 persen menyatakan tidak memilih atau tidak menjawab.

Ada lagi hasil survei dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA melaporkan bahwa elektabilitas bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan mengalami penurunan setelah mendeklarasikan diri berpasangan dengan Muhaimin Iskandar.

Elektabilitas Anies pada Agustus tercatat sebesar 19,7 persen, lalu turun sebesar 5,2 persen pada survei September sehingga menjadi 14,5 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *