PNS Jayapura Ditangkap Satgas Cartenz Karena Memasok Senjata Api ke KKB

Jayapura, sinarindonesia.id– Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Distrik Jayapura Selatan, Papua, dikabarkan ditangkap Satgas Operasi Damai Cartenz atas dugaan penjualan senjata api kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

PNS bernama Sarius Indey (58) di tangkap di Kampung Nelayan, Distrik Jayapura Selatan, Papua.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno, saat dikonfirmasi, membenarkan perihal penangkapan tersebut.

“Iya benar, Sarius Indey ditangkap pada Jumat (7 Juni 2024) sekitar pukul 18.16 WIT di Hamadi Kampung Nelayan, Distrik Jayapura Selatan,” kata Bayu, kepada media, Minggu (9 Juni 2024).

Dijelaskannya, sebagai tindak lanjut penyidikan, terduga pelaku kemudian dibawa ke Polda Papua untuk dilakukan pemeriksaan.

“Penangkapan terhadap Sarius merupakan hasil pengembangan yang dilakukan penyidik terhadap Petrus Oyaitouw, yang telah ditangkap lebih dulu dalam kasus serupa,” ungkapnya.

Kepada penyidik, Petrus mengaku memperoleh senjata jenis Suar dari Sarius.

Sementara Sarius mengaku mendapatkan senjata tersebut dari anak-anak yang menemukan senjata berkarat di bekas kantor Dinas Perhubungan pada tahun 2021.

“Atas temuan itu, Sarius menyerahkan senjata tersebut kepada Petrus Oyaitouw yang bermaksud memperbaikinya untuk digunakan berburu,” ucapnya.

Selain itu, Sarius juga mengaku memberikan uang sebesar Rp10 juta kepada Petrus untuk pembelian senjata lainnya.

Hingga berita ini diterbitkan, penyidik masih mendalami kasus tersebut. Termasuk, menelusuri jaringan jual beli senjata api ilegal yang melibatkan Sarius Indey dan Petrus Oyaitouw. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *