Polda Sumut Menemukan 5 Hektar Ladang Ganja

Sumatera Utara, sinarindonesia.id– Ladang ganja seluas 5 hektar, ditemukan Polda Sumatera Utara (Sumut) di Kawasan Pegunungan Tol Sihite, Desa Rao Rao, Kecamatan Timbangan, Kabupaten Mandailing Natal.

Penemuan itu, atas bantuan alat deteksi spektometer yang dikembangkan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“Dalam lima hari sekali alat itu mengirimkan data ke Polda. Hal itu sudah barang tentu memudahkan pihaknya dalam mengungkap kasus narkoba,” kata Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, kepada media, dikutip Jum’at (17 Mei 2024).

Dijelaskannya, pemanfaatan teknologi canggih itu bertujuan membantu kerja polisi dalam mengidentifikasi setiap tanaman termasuk tanaman di area pegunungan.

“Untuk ladang Ganja ini, ditemukan berkat kerja sama BRIN yang memanfaatkan data satelit penginderaan jauh dalam memantau keberadaan ladang ganja di Kabupaten Madina,” ungkapnya.

Selain itu, Agung juga menyebutkan bahwa ladang Ganja itu ditemukan dari pelaksanaan Operasi Antik Toba 2024 yang digelat tertutup.

Rencananya ladang Ganja itu akan segera dimusnahkan. Sementara mengenai pemilik lahan, kini pihaknya tengah memeriksa sejumlah orang untuk dimintai keterangan. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *