Polisi Militer Dalami Keterlibatan Anggota TNI lainnya dari Kasus Curanmor Sidoarjo

Jakarta, sinarindonesia.id– Wakil Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat, Mayjen TNI Eka Wijaya Permana, akan menyelidiki kemungkinan keterlibatan anggota TNI lainnya dalam kasus pencurian dan penggelapan kendaraan bermotor. Kasus itu terkuak setelah petugas melakukan penggeledahan di Gudbalkir (gudang pengembalian dan pengiriman) Pusat Zeni Angkatan Darat (Pusziad), Sidoarjo, Jawa Timur.

“Penyidikan dan pendalaman masih terus dilakukan oleh Pomdam V/Brawijaya,” kata Wakil Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Darat, Mayjen TNI Eka Wijaya Permana.

Dijelaskannya, dalam hal pengungkapan, pendalaman kasus ini, tidak menutup kemungkinan ada prajurit-prajurit lain yang ikut terlibat. Namun dalam hal ini, pihaknya juga menghormati proses hukum yang dilakukan Polri.

Dipastikan Eka, setiap anggota yang terlibat tindak pidana melawan hukum akan mendapatkan saksi tegas.

“Biarkan kami bekerja, apabila ada oknum lain pasti kami akan diproses,” ungkapnya.

Dikatakan Eka, TNI AD akan mengusut kasus ini hingga tuntas sesuai perintah dari KSAD Jenderali Maruli Simanjuntak.

“Kasus ini akan diungkap sejelas-jelasnya, dilakukan secara profesional dan tidak ditutupi-tutupi, itu perintah beliau kepada kami,” pungkasnya.

Diketahui, ratusan motor dan puluhan mobil hasil penggelapan ditemukan di Gudbalkir (gudang pengembalian dan pengiriman) Pusat Zeni Angkatan Darat (Pusziad), Sidoharjo, Jawa Timur.

Dalam kasus ini, Polda Metro Jaya telah menetapkan dua warga sipil sebagai tersangka. Keduanya dijerat Pasal 363 KUHP dan atau Pasal 460 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 45 dan atau Pasal 36 UU Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia dengan ancaman hukuman paling lama tujuh tahun penjara.

Selain itu, tiga anggota TNI AD yakni Mayor Czi BP, Kopda AS, Praka J yang terlibat juga telah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat Pasal 408 KUHP dan atau Pasal 56 KUHP dan atau Pasal 126 KUHPM dan atau Pasal 103 KUHPM. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *