Tilang Uji Emisi Ditiadakan Setelah Sehari Diberlakukan Sanksi Denda

Headline, Nasional285 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id-Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman, memutuskan untuk meniadakan kembali sanksi tilang bagi kendaraan yang tidak lulus uji emisi. Hal itu ditegaskan Latif, karena sanksi tilang yang diterapkan pada razia uji emisi mendapat banyak komplain dari masyarakat.

“Persoalan penilangan uji emisi dihilangkan. Banyak masyarakat yang komplain. Makanya mulai hari ini Kamis (2 November 2023), kami tetap melakukan sosialisasi tidak ada penilangan,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat dikonfirmasi, Kamis (2 November 2023).

Kendati tidak ada sanksi tilang, Latif menyatakan bahwa razia uji emisi di Jakarta tetap dilakukan. Apabila saat razia pengendara ada yang kedapatan tidak lulus uji emisi, maka akan diberikan himbauan.

“Kita melihat situasi dan kondisi masyarakat saat ini, dan banyak masyarakat yang istilahnya masih butuh sosialisasi,” kata Latif Usman.

Latif memandang sampai saat ini kesadaran masyarakat terkait pentingnya uji emisi masih rendah. Sehingga bila diberikan sanksi tilang, maka berpotensi menimbulkan resistensi di tengah masyarakat.

“Kami akan merubah pola lagi, tapi kami akan berkoordinasi kembali dengan KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan). Kami tidak akan melakukan penilangan, kami akan gencar melakukan himbauan dan sosialisasi tentang pentingnya uji emisi,” imbuhnya.

Dengan tidak adanya sanksi tilang, Latif mengharapkan agar para pengendara juga mengawasi petugas di lapangan. Hal itu supaya tidak terjadi pelanggaran pungutan liar (pungli) oleh petugas, karena sanksi tilang ditiadakan.

“Oh iya silakan (diawasi), tidak ada penilangan. Silakan untuk yang kita lakukan uji emisi bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan uji emisi kendaraannya dengan kesadaran. Kita lakukan teguran, enggak boleh (menilang). Anggota sudah kita ingatkan betul enggak ada penilangan,” Tegasnya.

Perlu diketahui, untuk pengendara yang telah ditilang saat razia hari pertama (1 November 2023) kemarin. Maka tetap harus menjalani sanksi tersebut, sebagaimana denda tilang yang dibayar dan akan masuk ke kas negara.

Berikut ini lokasi razia uji emisi pada tanggal 1 November 2023 di Jakarta :

  1. Jalan Perintis Kemerdekaan seberang eks Terminal Pulo Gadung;
  2. Jalan Pemuda, Jatinegara, Jakarta Timur (depan Antam);
  3. Pintu keluar Terminal Blok M, Jakarta Selatan;
  4. Jalan Lodan sebelum Gerbang Tol Ancol Timur, Jakarta Utara;
  5. Jalan Lingkar Luar Meruya.(Red)

By : Hadid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *