Prabowo Capres Anggaran Kemhan Mendadak Naik dengan Jumlah Fantastis

Headline, Nasional215 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Ketua Umum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Muhammad Isnur, terusik dengan keputusan pemerintah menaikan anggaran di Kementerian Pertahanan. Penaikan anggaran tersebut, terjadi mendadak dengan jumlah yang fantastis dan dinilai tidak wajar.

“Ini sangat tidak wajar, sebab penaikan itu bertepatan dengan momentum jelang Pemilu 2024,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (2 Desember 2023).

Ketidak wajaran itu dituding Isnur, karena Penaikan anggaran ini terjadi pada kementerian yang menterinya merupakan calon presiden dan berpasangan dengan anak dari Presiden Joko Widodo. Disingungnya, apakah tidak sebaiknya anggaran tersebut digunakan untuk menurunkan angka kemiskinan dan lainnya.

“Kenaikan anggaran pertahanan negara secara tiba-tiba di tengah berbagai persoalan seperti tingginya angka kemiskinan dan pengangguran, angka stunting dan kondisi ekonomi masyarakat yang masih sulit pasca pandemi adalah langkah yang sangat janggal yang dilakukan oleh Pemerintah. Karena tidak sesuai kebutuhan rakyat,” tegasnya.

Menurutnya, Penaikan anggaran secara signifikan di kementerian tertentu yang dilakukan di tengah rendahnya akuntabilitas dan transparansi tentunya akan sangat berpotensi disalahgunakan.

Diketahui, sebelumnya Kementerian Keuangan pernah mengungkapkan permintaan kenaikan anggaran di Kementerian Pertahanan Negara untuk tahun 2024 yang bersumber dari pinjaman luar negeri, yaitu sebesar USD 4 miliar atau setara dengan Rp61,58 triliun. Kenaikan ini baru disepakati saat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, 28 November 2023. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *