Prabowo: Operasi Intelijen Asing Pengaruhi Stabilitas Dalam Negeri

Headline, Nasional293 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id- Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto, meminta satuan TNI-Polri dan pihak terkait lainnya, untuk mewaspadai operasi intelijen asing di Indonesia. Hal itu disampaikannya saat menyampaikan ringkasan pidato kuncinya dalam Simposium Geopolitik & Geostrategis dan Pengaruhnya terhadap Indonesia di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Kamis (2 November 2023).

Prabowo mencontohkan, ada kemungkinan kasus Rempang juga melibatkan campur tangan intelijen asing.

“Kami mendapat laporan dari berbagai sumber yang patut kita ketahui bahwa peristiwa di Rempang masuk campur tangan intel-intel asing, dan kita banyak juga mengalami di Aceh, kita mengalami di Ambon, kita mengalami di Timor-Timor, dan kita mengalami di Papua terus-menerus bagaimana campur tangan asing sangat mempengaruhi kondisi kita,” kata Prabowo.

Dihadapan seribuan pimpinan dan komandan satuan TNI yang hadir dalam simposium, dia membocorkan sedikit hasil kajian geostrategis dari sebuah “Negara besar” yang tidak disebutkan namanya. Prabowo menyebut itu sebagai “Negara X”.

“Saya akan sampaikan suatu kajian ringkasan dari kajian geostrategis sebuah negara besar (yang) kami dapat melalui hubungan-hubungan baik. Ini salah satu kajian dari negara X nanti mungkin saudara bisa ambil kesimpulan sendiri tentang negara mana itu, tetapi resminya tidak akan saya sampaikan,” kata Menhan RI.

Namun sebelum berbicara lebih lanjut, Prabowo meminta para jurnalis yang meliput untuk keluar ruangan, karena materi pembicaraan yang sensitif dan tertutup.

Saat ditanya mengenai itu, termasuk soal operasi intelijen asing, Prabowo pun tidak menjawab. Selepas memberi keterangan singkat mengenai acara kepada awak media, Prabowo langsung berjalan ke arah ruang kerjanya.

Prabowo saat membuka Simposium, menyampaikan kepada para pimpinan TNI perlu mengetahui dan mawas diri terhadap situasi geopolitik terkini terutama setelah adanya perang di Ukraina dan Gaza.

“Ini saya pandang perlu karena perkembangan dinamika geopolitik berkembang begitu cepat dan pengaruh di satu wilayah dunia yang kelihatannya jauh dari kita di era sekarang pengaruhnya luar biasa kepada seluruh dunia. Contoh perang di Ukraina mengakibatkan harga BBM dunia naik luar biasa. Perang di Ukraina membuat pupuk menjadi mahal dan langka, kalau pupuk mahal dan langka akan mempengaruhi produksi pangan di sebagian besar dunia. Kalau produksi pangan terpengaruh akan mengakibatkan destabilisasi politik dan sosial,” kata Prabowo.

Dia melanjutkan belum tuntas perang di Ukraina, ternyata perang juga meletus di Gaza.

“Perang di Gaza antara Israel dan Hamas akan berpengaruh kepada kita secara langsung ataupun tidak langsung karena hampir 90 persen rakyat kita adalah Muslim, dan kejadian-kejadian yang menyangkut dunia Islam pasti berpengaruh pada kondisi psikologis dan kondisi ketentraman rakyat kita,” kata Menhan RI.

Karena itu, dia meminta kepada para pimpinan TNI, ikut mengantisipasi dampak situasi geopolitik, geostrategi, dan geoekonomi dunia terhadap pertahanan dan stabilitas di Indonesia.(Red)

By : Hadid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *