Puluhan Pencari Kerja Jadi Korban Penipuan Lowongan Kerja Menjanjikan

Daerah, Headline, Kriminal284 Dilihat

Palembang, sinarindonesia.id– Puluhan pencari kerja di Kota Palembang, Sumatera Selatan, dikabarkan menjadi korban penipuan yang menawarkan lowongan kerja dengan gaji dan fasilitas yang menjanjikan. Saat pendaftaran pelaku meminta uang Medical Check Up dan administrasi domisili.

“Perusahaan itu meminta sejumlah uang dengan nominal bervariasi, mulai dari Rp 1,7 juta hingga Rp 2,1 juta,” kata salah seorang korban Riansyah, kepada awak media, dikutip Jum’at (12 januari 2024).

Dijelaskannya, korban akan bekerja di daerah Balikpapan, Kalimantan Timur, tepatnya di salah satu Perusahaan kilang minyak. Namun na’as, uang sudah dikirim kabar panggilan kerja tak kunjung dikonfirmasi.

“Kami dijanjikan pekerjaan di perusahaan kilang minyak di Balikpapan. Total kerugian hampir 50 juta,” ucap korban.

Kabar ada lowongan pekerjaan itu, diakui Riansyah diketahui dari salah seorang rekannya yang juga menjadi korban. Bahkan, pelaku berinisial G, diketahui tidak lagi bekerja di Perusahaan tersebut.

“Pelaku itu sebelumnya memang kerja di sana, sekarang sudah berhenti,” tuturnya.

Para korban mulai curiga, lanjut Riansyah, saat dirinya bersama korban lainnya tidak kunjung mendapat kepastian berangkat setelah hampir 2 bulan. Pelaku, katanya, selalu memberikan alasan setiap kali ditanya.

“Kami curiga karena digantung terus berangkatnya kurang lebih 2 bulan. Alasan tiket pesawat, lalu ada sedikit masalah dari perusahaan,” bebernya.

Lantaran tidak ada titik temu yang jelas, para korban akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke Maporestabes Palembang, Sumatera Selatan.

Sebelum melapor, para korban sudah pernah meminta penjelasan kepada pelaku di rumah salah satu korban. Namun, tidak ada itikad baik dari pelaku, sehingga para korban memutuskan untuk melapor.

Kasus ini, kini ditangani penyidik Reserse Kriminal Polrestabes Palembang.(Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *