Puncak Gunung Kerinci Dikabarkan Retak dan Dikhawatirkan Longsor

Kerinci, sinarindonesia.id- Puncak Gunung Kerinci atau Gunung Tertinggi di Sumatera, dikabarkan retak dan berpotensi terjadinya longsor. Kabar mengkhawatirkan itu, menjadi sorotan serius terutama bagi para pendaki yang sering mendekati kawasan puncak untuk berfoto.

“Hanya mengingatkan bagi yang ingin mendaki Gunung Kerinci tetaplah berhati-hati. Jangan terlalu nekat (hanya) untuk berfoto di pinggir kawah, kita tidak ada yang tau sewaktu-waktu bisa saja terjadi longsor di pinggirnya, karena dari foto-foto yang menggunakan drone terlihat ada retakan disana,” tulis Akun Facebook Panorama Gunung Kerinci.

Di akun tersebut juga dijelaskan, kondisi puncak Gunung Kerinci kini retak-retak, terutama di sekitar kawah. Sementara dari dokumentasi drone juga menunjukkan retakan yang mengkhawatirkan di kawasan puncak, dan foto-foto kondisi tersebut telah tersebar di media sosial.

Kepala Seksi Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) Nurhamidi, membenarkan adanya papan peringatan sebelumnya karena daerah tersebut rawan longsor. Pihaknya juga memberikan himbauan kepada pendaki untuk menjauhi bibir jurang, terutama dalam aktivitas berfoto selfie di lokasi yang berpotensi longsor.

“Himbauan agar setiap pendaki hati-hati, jangan mendekati bibir jurang,” jelasnya.

Sementara itu, Dudung Maryono, penanggung jawab pusat informasi R 10 Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), juga menyerukan hal serupa terkait informasi tentang keretakan di kawasan puncak Gunung Kerinci. Kondisi kini dianggap sangat mengkhawatirkan dan nyaris longsor.

“Iya ada keretakan, harus berhati-hati, ini membahayakan bagi pendaki apabila mendekatinya,” katanya .

Dijelaslam Dudung, bahwa sebelumnya telah terjadi longsor, tetapi masih dapat dilewati. Sementara itu, Gunung Kerinci merupakan satu-satunya gunung dengan jalur pendakian yang tidak dapat diubah. Ia menegaskan bahwa kehati-hatian ekstra diperlukan dalam pendakian ke Gunung Kerinci.(Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *