Ratusan Bangunan Rusak Akibat Cuaca Ekstrem

Bogor, sinarindonesia.id-Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mencacat, ada 588 kerusakan bangunan yang terjadi diberbagai daerah, akibat cuaca ekstrem, angin kencang dan hujan deras. Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan pihaknya telah menyiapkan bantuan bagi warga terdampak.

“Sebelumnya kita sudah rapat dan hasil kajian kita perlu mengeluarkan anggaran yang bersumber dari belanja tidak terduga (BTT), untuk membantu warga terdampak bencana. Saat ini status tanggap daruratnya sedang disusun, dan insyaallah bisa segera keluar,” kata Iwan saat dikonfirmasi, Jumat (3 November 2023).

Anggaran yang disiapkan akan digunakan untuk membantu memperbaiki bangunan rusak akibat cuaca ekstrem. Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, tengah mendata jumlah bangunan yang rusak.

“Adapun bantuan dari Dinsos (Dinas Sosial) berupa sembako dan kebutuhan lainnya sudah mulai didistribusikan. Saya ingin semua bergerak cepat,” ungkapnya.

Kabid Perumahan DPKPP Kabupaten Bogor, Iin Kamaluddin, menyebut pihaknya juga tengah memverifikasi jumlah bangunan yang rusak. Hal tersebut dilakukan agar distribusi bantuan tepat sasaran.

“Mudah-mudahan tidak lebih dari Rp 1 miliar ya, verifikasi di lapangan masih terus kita lakukan untuk melihat kebutuha anggarannya. Yang sudah selesai verifikasi itu di Desa Ciomas Rahayu dengan total rumah rusak mencapai 191 rumah dengan tingkat kerusakan ringan hingga berat. Lalu di Desa Ciomas total rumah yang rusak 96, kategorinya rusak ringan dan sedang, yang lain masih berjalan,” ujarnya.

Sementara itu, data BPBD Kabupaten Bogor, menunjukkan cuaca ekstrem telah mengakibatkan 588 bangunan mengalami kerusakan. Kerusakan tersebar di delapan kecamatan.

“Rinciannya Kecamatan Ciomas sebanyak 491 bangunan rusak, Dramaga 57 bangunan, Sukaraja 9 bangunan, Tamansari 3 bangunan, Leuwisadeng 1 bangunan, Kemang 9 bangunan, Megamendung 7 bangunan, dan Rancabungur 3 bangunan,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Muhammad Adam Hamdani.(Red)

By : Hadid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *