Ratusan Caleg Tercatat di PPATK Melakukan Transaksi Mencurigakan

Headline, Nasional742 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Sejumlah calon anggota legislatif yang masuk dalam daftar caleg tetap (DCT) pemilu 2024, tercatat di Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), melakukan transaksi keuangan yang mencurigakan. Temuan itu berdasarkan analisis PPATK disepanjang tahun 2022-2023.

“Transaksi mencurigakan itu ditemukan pihaknya karena adanya laporan transaksi yang patut diduga terkait dengan tindak pidana tertentu,” kata Kepala PPATK Ivan Yustiavandana, kepada awak media.

Dicontohkannya, seseorang yang sudah terindikasi korupsi, melakukan transaksi, orang yang diketahui profilnya berbeda, biasanya dia transaksi cuma ratusan ribu, tiba-tiba ratusan juta, atau sebaliknya, itu dilaporkan kepada PPATK.

“Dari 100 caleg, ditemukan transaksi mencurigakan sebesar Rp51,4 triliun,”

PPATK, kata Ivan, juga menemukan adanya 100 caleg yang melakukan setoran dana di atas Rp500 juta ke atas. Totalnya senilai Rp21,7 triliun. Lalu, ada 100 caleg yang melakukan penarikan uang sekitar Rp34 triliun.

“Bentuk dan total penarikan kita lihat juga, ada 100 DCT yang menarik uang Rp34.016.767.980.872,” bebernya.

Dari temuan itu, PPATK akan melaporkan persoalan tersebut kepada pihak terkait. Agar persoalan yang mencurigakan itu terkuak dan bisa dipertanggung jawabkan.

Untuk sebagian dari hal yang menjadi temuan, diungkapkan Ivan sudah dilaporkan dan telah diberitakan awak media. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *