Ratusan Hektar Kawasan Hutan TNWK Hangus Terbakar

Lampung Timur, sinarindonesia.id– Ratusan hektar Kawasan hutan di Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Kabupaten Lampung Timur, dikabarkan hangus terbakar. Api yang begitu cepat menyala dan membesar, dilaporkan baru berhasil dipadam setelah 12 jam melakukan upaya pemadaman.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadilah mengatakan, kebakaran itu terjadi sejak Rabu (20 Maret 2024) sekitar pukul 13.15 WIB.

“Api dilaporkan baru bisa dipadamkan setelah 12 jam pemadaman oleh petugas gabungan,” kata Umi, kepada media, Kamis (21 Maret 2024).

Sesuai informasi yang berkembang di lapangan, lokasi kebakaran itu terjadi di kawasan TNWK Simpang Mitis, Grid 20, Resor Susukan Baru, Seksi Wilayah I Way Kanan.

“Lokasi kebakaran tepatnya di sekitar wilayah Desa Rantau Jaya Udik II, Kecamatan Sukadana,” ujar Umi.

Dari hasil penyelidikan sementara, lahan yang terbakar seluas 301 hektar dengan topografi sebagian besar berupa padang rumput (sabana).

“Adapun lahan yang dilalap api adalah rumput ilalang hingga semak belukar,” ungkapnya.

Dijelaskannya, pemadaman harus memakan waktu lama karena lokasi yang sulit dijangkau dan minimnya ketersediaan air.

“Upaya pemadaman memanfaatkan sumber air berasal dari sumur bor dari restorasi dan sungai, serta dibantu turunnya hujan,” pungkasnya.

Hebatnya kobaran api yang menghanguskan Kawasan hutan tersebut, diakui Umi tidak menimbulkan kepulan asap berkepanjangan karena berjenis kebakaran di lahan permukaan.

Sementara untuk penyebab pasti dari kebakaran itu, hingga kini masih dalam penyelidikan Polres Lampung Timur. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *