Ratusan Orang Masuk Daftar Prioritas Vaksin Cacar Monyet

Headline, Nasional272 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id- Pemerintah melalui Dinas Kesehatan DKI Jakarta, mengklaim total penerima vaksin Mpox atau cacar monyet sudah mencapai target, diangka 495 orang pada Senin (6 November 2023). Dosis vaksin dibagikan, menyusul terus bertambahnya kasus aktif baru cacar monyet di Jakarta pada Oktober 2023.

Diketahui, Vaksinasi diprioritaskan bagi kelompok berisiko tinggi sebagai upaya pencegahan. Kelompok berisiko itu terdiri dari lelaki seks dengan lelaki atau (LSL), ibu hamil, ibu menyusui, anak, dan orang lanjut usia.

Menurut Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama, mengatakan Pemerintah telah bekerja sama dengan komunitas untuk pemberian vaksin.

“Sudah kami lakukan sejak pertengahan Oktober,” katanya saat dimintai keterangan Senin (6 November 2023)

Pemberian vaksin dimulai sejak Senin (23 Oktober 2023) seiring dengan kemunculan kasus positif Mpox kedua pada Jumat (13 Oktober 2023).

Hingga Senin (6 November 2023), Dinas Kesehatan DKI mencatat ada 27 kasus positif aktif yang seluruh pasiennya adalah laki-laki, usia 25 hingga 50 tahun. Selain vaksinasi, Dinas Kesehatan DKI juga gencar memberikan edukasi dalam upaya mencegah penularan Cacar Monyet. (red)

By: Hadid