Ratusan Rumah Warga Terendam Banjir dan Rusak diterjang Angin Kencang

Bandung, sinarindonesia.id– Ratusan rumah warga di empat Kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dikabarkan porak poranda diterjang banjir bandang yang disertai angin kencang. Enam orang warga luka-luka akibat tertimpa reruntuhan material bangunan.

“102 Unit rumah rusak. Rinciannya, 14 rumah rusak berat, 2 rumah rusak sedang dan 62 rusak ringan,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, kepada awak media.

Dijelaskannya, akibat banjir bandang dan angin kencang tersebut mengakibat rumah warga rusak di bagian atap. Tapi ada juga bangunan yang roboh hingga rata dengan tanah.

Sementara, diungkapkan Abdul, rumah rusak yang berada di bantaran sungai rata-rata rusak di bagian dinding belakang akibat banjir bandang.

Tidak saja merusak rumah warga, bencana hidrometeorologi yang diawali dengan curah hujan tinggi itu juga mengakibatkan enam warga mengalami luka ringan. Warga tersebut terluka akibat tertimpa material bangunan.

Adapun dampak dari kejadian itu, 312 jiwa atau 82 Kepala Keluarga yang tinggal di tiga kecamatan yakni Kecamatan Baleendah, Ciparay dan Anjarsari, harus membersihkan puing bangunan yang runtuh. Sementara banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Dayeuhkolot berdampak pada 303 Unit rumah.

Prakiraan cuaca yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem yang ditandai dengan hujan deras disertai petir juga angin kencang masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Bandung hingga akhir 2023.

“Pihaknya (BNPB) menyerukan kepada masyarakat dan pemangku kebijakan untuk tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan,” pungkas Abdul Muhari. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *