Ratusan Warga di Sekitar Gunung Ibu Diungsikan

Maluku Utara, sinarindonesia.id– Ratusan warga disekitar Gunung Ibu, diungsikan ke tempat yang lebih aman setelah status Gunung Api tersebut berstatus Awas atau Level IV.

Adapun warga yang diungsikan, berasal dari tiga desa yakni Desa Goin, Desa Sangaji Nyeku dan Desa Duono.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, mengatakan proses evakuasi telah dilakukan sejak pagi sekitar pukul 06.30 WIB.

“Saat ini sebanyak 263 orang telah diungsikan. Mereka berasal dari tiga desa. 72 orang dari Desa Goin, 61 Orang dari Desa Sangaji Nyeku dan 130 jiwa dari Desa Duono,” kata Abdul Muhari, kepada media, dikutip Jum’at (17 Mei 2024).

Dijelaskannya, saat ini pihaknya bersama tim gabungan dan BPBD Kabupaten Halmahera, juga telah membagikan masker kepada warga yang terdampak.

“Jadi akibat meningkatkan aktivitas Gunung Ibu itu, masyarakat diminta untuk tidak berada di radius 4 Kilometer dari Gunung Api tersebut,” serunya.

Selain hal tersebut diatas, Abdul juga menyerukan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat hujan deras turun.

“Pada situasi hujan deras tersebut, patut diwaspadai karena berpotensi hujan lahar,” pungkasnya.

Hingga berita ini diterbitkan, BNPB juga tidak henti-hentinya menyerukan agar tidak mudah percaya dengan informasi yang belum jelas kebenaraannya.

Setiap informasi terkait Gunung Ibu, diminta untuk dikonfirmasi kepada petugas yang saat tersebar di banyak titik lokasi terutama daerah terdekat dari Gunung Ibu. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *