Sah!! Honor KPPS Naik Dua Kali Lipat dibandingkan Pemilu 2019

Jakarta, sinarindonesia.id– Honor petugas Kelompok Penyelenggaran Pemungutan Suara (KPPS) dikabarkan, naik dua kali lipat dari pemilu sebelumnya. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengajukan besaran honor RP 1,2 Juta ke Kementerian Keuangan dan disetujui.

“Adanya dukungan dari pemerintah, kita bisa menaikkan honor KPPS ketuanya menjadi Rp1,2 juta dan anggota Rp1,1 juta,” kata Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, Pendidikan, Pelatihan dan Penelitian Pengembangan KPU, Parsadaan Harahap, di Jakarta Senin (11 Desember 2023).

Dijelaskannya, honor petugas KPPS di Pemilu 2024 tersebut bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Diakuinya, meski petugas KPPS hanya bekerja satu bulan, yakni 25 Januari hingga 25 Februari 2024 tapi tanggung jawab dan kewenangan yang diembannya sangat berat.

“Diharapkan dari besaran honor tersebut bisa memberikan semangat untuk mereka yang menjadi KPPS dan bekerja lebih baik secara maksimal dan fokus,” tuturnya.

Selain honor, KPU dikabarkan turut menyiapkan pulsa untuk kebutuhan petugas KPPS dalam pemakaian telepon seluler sebagai alat komunikasi.

“Lagi  di desain supaya pulsanya bisa dipakai pada hari H dengan kuota yang cocok untuk kepentingan tugas,” imbuhnya.

Sementara itu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dikabarkan telah menyetujui pengajuan anggaran yang disampaikan KPU untuk honor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih), Panitia Pemungutan Luar Negeri (PPLN) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN).

Keputusan kenaikan honor tersebut tertuang dalam Surat Kementerian Keuangan Nomor S-647/MK.02/2022 tanggal 5 Agustus 2022, perihal Satuan Biaya Masukan Lainnya (SBML) untuk Tahapan Pemilihan Umum dan Tahapan pemilihan. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *