Sah!! Perpanjang Izin Usaha PT Freeport Diteken Jokowi Hingga Cadangan Habis

Headline, Nasional68 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah menandatangani perpanjangan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) PT Freeport Indonesia sampai dengan cadangan tambang habis.

Untuk perpanjangan itu, Freeport diharuskan memberikan saham 10 persen lagi kepada Pemerintah Indonesia.

Dengan ditambahnya saham tersebut, maka kepemilikan Indonesia di PT Freeport Indonesia menjadi 61 persen dari saat ini 51 persen.

Perpanjangan izin usaha itu ditandatangani berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 tahun 2024 tentang perubahan atas PP Nomor 96 tahun 2021 tentang pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan Mineral dan Batu Bara.

Untuk diketahui, PP No.25 tahun 2024 itu ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 30 Mei 2024 dan berlaku efektif pada tanggal yang sama setelah diundangkan.

Sebelumnya, PT Freeport Indonesia telah mengajukan perpanjangan IUPK kepada Pemerintah Indonesia. Namun permohonan itu terganjal PP No.96 tahun 2021.

Dalam PP 96/2021 itu disebutkan bahwa perpanjangan IUPK baru bisa dilakukan paling cepat 5 tahun atau paling lambat 1 tahun sebelum masa berlaku izin usaha pertambangan tersebut berakhir.

Atas aturan itu, maka adanya revisi PP tersebut. Artinya membuka potensi pengajuan perpanjangan izin dilakukan lebih cepat, tidak lagi minimal 5 tahun sebelum berakhirnya kegiatan operasi.

Adapun pada PP No.25 tahun 2024 ini pemerintah meniadakan pengajuan permohonan perpanjangan paling cepat lima tahun sebelum IUPK berakhir.

Pada peraturan terbaru ini hanya disebutkan waktu paling lambat permohonan yang dapat diajukan kepada Menteri paling lambat 1 (satu) tahun sebelum berakhirnya jangka waktu kegiatan Operasi Produksi. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *