Satpol PP Dukung Gibran diperiksa Bawaslu

Daerah, Headline, Politik50 Dilihat

Garut, sinarindonesia.id– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Garut, Jawa Barat, akhirnya memeriksa 13 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Garut yang diduga tidak netral dalam Pemilu 2024. Mereka diduga bersalah karena membuat video mendukung calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka.

“Pemeriksaan sedang berlangsung, kami bagi dua tim untuk memintai keterangan,” kata Ketua Bawaslu Garut Ahmad Nurul Syahid, kepada awak media, Rabu (10 Januari 2024).

Dijelaskannya, pemeriksaan itu sebagai tindaklanjut laporan masyarakat dan temuan di lapangan terkait adanya video sejumlah anggota Satpol PP Garut yang menyatakan diri mendukung calon wakil presiden nomor urut 2.

Persoalan itu, selanjutnya kata Nurul, akan dilakukan pembahasan di Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang menetapkan ada potensi pelanggaran pidana Pemilu 2024.

Adapun proses pemeriksaan anggota Satpol PP Garut itu dilakukan secara bertahap, sementara lima orang menjalani pemeriksaan, kemudian lima orang hari berikutnya, dan terakhir tiga orang.

“Hari ini lima orang diperiksa, besok lima, kemudian yang terakhir tiga orang,” ungkapnya.

Pemeriksaan yang dilakukan Bawaslu meliputi kebenaran anggota Satpol PP dalam video tersebut, kemudian penggunaan sarana pemerintah untuk membuat video menyatakan diri tidak netral.

Selain tentang netralitas ASN, pemeriksaan ujar Nurul, juga termasuk melihat status kepegawaian mereka dalam institusi Satpol PP Garut.

“Saat ini kita dalam proses pengkajian, dan ini pun akan meminta keterangan itu, salah satunya memastikan status mereka,” pungkasnya.

Diketahui, video berdurasi 19 detik menayangkan sejumlah anggota Satpol PP Garut menyatakan diri dukungan terhadap cawapres Gibran tersebar di sejumlah media sosial dan Grup WhatsApp masyarakat luas. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *