Sekitar 53 Bacaleg dari 11 Partai Diganti?

Pemilu

Headline, Politik208 Dilihat

Bandar Lampung, Sinarindonesia.id – Puluhan bakal calon legislatif (Bacaleg) dari 11 Partai Politik di Lampung mengalami penggantian. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung mencatat pergantian Bacaleg terdapat pada 11 Partai Politik dan terjadi jelang penetapan daftar caleg tetap (DCT) pada 3 November 2023 mendatang. Jumlah mereka yang diganti mencapai 53 orang Bacaleg.

Ke11 partai politik yang melakukan penggantian bakal calon diantaranya PDI Perjuangan, Gerindra, PKB, Partai Gelora, PKS, Partai Umat, PSI, PPP, PAN, PBB, dan Partai Demokrat.

Komisioner KPU Lampung Bidang Teknis Penyelenggara, Ismanto, mengatakan belum bisa secara pasti merinci jumlah pasti Bacaleg yang diganti lantaran tidak memenuhi syarat (TMS). saat ini KPU Provinsi Lampung masih bekerja dalam merampungkan tahapan penetapan DCT yang akan ditetapkan pada 3 November 2023 dan diumumkan pada 4 November 2023 mendatang.

“Saya belum bisa merinci pastinya, semua ada tahapannya, ini masih kewenangan partai politik. Sampai hari ini hingga jadwal penetapan, kita tunggu saja terkait rancangan DCT,”  ujar Ismanto.

Dalam Tahapannya sebelum penetapan DCT KPU terlebih dahulu menyelesaikan Tahapan pencermatan rancangan DCT dari tanggal 24 September – 3 Oktober 2023. Sementara tahapan Verifikasi Administrasi Dokumen Persyaratan Calon Sementara Hasil Pencermatan Rancangan DCT dari tanggal 4 Oktober -18 Oktober 2023. Lalu Tahapan Rekapitulasi Hasil Verifikasi Administrasi terhadap Pergantian Calon dari tanggal 19 Oktober – 23 Oktober 2023, Tahapan Penyusunan DCT dari tanggal 24 Oktober – 2 November 2023. (Udael)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *