Selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, 1.053.527 Kendaraan Melintas di Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar

Daerah, Headline40 Dilihat

Bandar Lampung, sinarindonesia.idPT Bakauheni Terbanggi Besar Toll (BTB Toll) mencatat terdapat 1.053.527 kendaraan  yang melintas di jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar selama periode Arus Mudik dan Balik Lebaran tahun 2024. Angka ini meningkat 69,4% dari Volume Lalu Lintas (VLL) normal.

Direktur Utama BTB Toll I Wayan Mandia mengatakan bahwa peningkatan tersebut menunjukkan antusiasme pemudik untuk menjadikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sebagai pilihan jalur mudik baik kendaraan yang akan menuju Pulau Sumatera ataupun sebaliknya selama momen Lebaran Tahun 2024.

Menurutnya BTB Toll mencatat puncak arus mudik terjadi pada H-4 Lebaran (06/04) dengan 55.319 kendaraan melintas, sedangkan puncak arus balik terjadi pada H+3 (13/04) dengan jumlah kendaraan yang melintas sebanyak 71.591 kendaraan.

“BTB Toll menyusun berbagai strategi komprehensif guna mendukung kelancaran pelayanan mudik dan balik Lebaran Tahun 2024,” Kata I Wayan.

I Wayan menjelaskan diantaranya BTB Toll menerapkan holding system atau delay system kendaraan di rest area yang bekerjasama dengan pihak Kepolisian, BPTD, DISHUB, ASDP dan stake holder lainnya untuk mengurai antrean guna menghindari penumpukan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni.

Kemudian melakukan pembatasan kendaraan golongan III atau lebih yang masuk ke gerbang tol, serta melakukan penambahan alat mobile reader dan penambahan petugas layanan transaksi agar mempercepat transaksi di gerbang tol.

Sedangkan dari sisi keamanan dan pelayanan, BTB Toll melakukan pemantauan selama 24 jam dengan kamera CCTV yang tersebar di ruas jalan tol maupun di rest area yang terintegrasi pada control room.

Dan juga bisa diakses pengguna jalan melalui aplikasi Astoll (Asisstant Toll), melaksanakan operasi simpatik yang meliputi pemeriksaan kendaraan gratis bagi pemudik yang bekerjasama dengan Auto 2000 serta pemberian makanan ringan dan imbauan hati-hati saat berkendara.

BTB Toll juga bekerjasama dengan Kepolisian Daerah Setempat mendirikan Pos Pemantauan disetiap rest area. Selain itu BTB Toll juga menambahkan layanan sarana kesehatan di rest area yang bekerjasama dengan dinas Kesehatan.

Kemudian melakukan penambahan fasilitas SPBU modular di rest area yang belum memiliki SPBU hingga mengoperasikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk mengakomodir kendaraan listrik serta pemberian diskon tarif sebesar 20% pada periode arus mudik (03-05/04) dan arus balik (17-19/04).

Guna memberikan kemudahan, kelancaran, dan kenyamanan para pemudik, BTB Toll juga bekerjasama dengan Auto 200 dan Mitsubishi untuk mendirikan pos bengkel resmi di rest area.

Terdapat juga posko penjualan tiket ASDP, kemudian tenant-tenant produk makanan dan minuman, serta terdapat juga panggung hiburan di Rest Area KM 20B dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lampung.

“Kami banyak menghaturkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait seperti Kepolisian, TNI, Dishub, BPTD, ASDP, BPBD, Pemprov, Pemda setempat, dan juga rekan media atas kerjasama dan koordinasi selama Mudik Lebaran Tahun 2024,” Ujarnya.

Sehingga menciptakan mudik lebaran yang aman, nyaman, dan terbilang sukses tanpa kendala yang berarti di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. “Kami juga berterima kasih kepada pengguna jalan tol yang mematuhi tata tertib yang berlaku serta selalu SETUJU bahwa keselamatan adalah nomor satu,” tutup I Wayan Mandia. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *