Serikat Buruh Kritik Kewajiban Tapera Untuk Karyawan Swasta

Headline, Nasional106 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Rencana pemerintah mewajibkan pekerja berusia minimal 20 tahun menjadi peserta Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera), menuai kritik dari banyak pihak termasuk serikat buruh.

Kongres Aliasnsi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi) mengecam hal tersebut karena dinilai akan menjadi beban masyarakat menengah ke bawah.

Ketua Umum Konfederasi KASBI Sunarno mengatakan pihaknya mengkritik hal tersebut karena serikat buruh tidak pernah diajak dialog oleh pemerintah terkait hal tersebut.

“Jadi ini sudaj jelas, bahwa pemerintah memutuskan aturan tersebut secara sepihak. Prinsip hak berdemokrasi dan musyawarah justru dikangkangi,” kata Sunarno, kepada media, dikutip Rabu (29 Mei 2024).

Dijelaskannya, tanpa angin tanpa musyawarah, tiba-tiba pemerintah sudah mengeluarkan Peraturan (PP) Nomor 21 Tahun 2024 tentang Perubahan atas PP Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tapera.

“Kami menilai pemerintah terlalu gegabah membuat PP 21. Sementara pemerintah tidak memahami mayoritas kesulitan yang dihadapi kaum buruh saat ini,” ungkapnya.

Menurut Sunarno, hingga saat ini tidak sedikit karyawan swasta atau buruh yang menerima upah rendah.

Sementara status kerja mereka juga rentan dan mudah di PHK. Hal itu menghantui para pekerja karena telah diberlakukannya sistem kerja outsourcing hingga k3 yang dinilai buruk dan tidak tepat.

“Gaji buruh saat ini sudah banyak potongan. Belum BPJS, JHT, Jaminan Pensiun, PPH 21, Potongan Koperasi dan lai-lain,” ucapnya.

Jika dikalkulasikan dengan besaran upah buruh yang hanya 2 juta sampai 5 juta/bulan. Maka potongan upah buruh bisa mencapai Rp400.000 per bulan.

“Kami menilai pemerintah saat ini keterlaluan. Sudah gaji kecil, ditambah lagi potongan dan hal itu diwajibkan,” pungkasnya.

Besar harapan KASBI, bahwa pemerintah segera melakukan pengkajian ulang terkait rencana tersebut. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *