Skandal Pungli di Rutan KPK dibongkar Penyidik dan Dewas KPK

Jakarta, sinarindonesia.id– Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dikabarkan akan mengungkap dugaan tindak pidana pengutan liar atau pungli yang terjadi di Rutan KPK. Puluhan pegawai KPK beserta Kepala Rumah Tahanan (Rutan), akan dihadirkan dalam sidang pengungkapan kasus.

Anggota Dewas KPK Albertina Ho, mengatakan setidaknya ada 93 orang pegawai KPK bersama Kepala Rutan KPK Achmad Fauzi, yang akan disidangkan.

“93 orang pegawai yang akan kami sidangkan, termasuk (Achmad Fauzi),” katanya kepada awak media, Kamis (11 Januari 2024).

Dijelaskannya, ada sejumlah pelanggaran etik dari keterlibatan Karutan di kasus pungli rutan. Pelanggaran itu mulai dari dugaan menerima pungli hingga penyalahgunaan wewenang.

“Bukan hanya penerima. Sebagai pimpinan, dia tidak bisa melakukan pembinaan, itu termasuk etik,” ucapnya.

Sesuai jadwal, sidang etik puluhan pegawai KPK terlibat pungli di rutan itu akan dilakukan bulan ini. Albertina mengatakan sidang etik akan dilakukan secara bergelombang.

“Akan segera sidangkan. Tapi nggak bisa sekaligus, akan dibagi menjadi beberapa kelompok,” tuturnya.

Diketahui, kasus pungutan liar atau pungli di Rutan KPK tengah diselidiki. Sebanyak 190 orang telah diperiksa tim penyelidik. Bahkan saat ini, sudah ada temuan barang bukti untuk menentukan sosok tersangka. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *