Sri Mulyani: Masyarakat Harus Cermat Membaca Peluang di Era Ekonomi Digital

Headline, Nasional422 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Menteri Keuangan Sri Mulyani, mengingatkan masyarakat untuk cermat dalam membaca peluang di era ekonomi digital, terutama dalam peningkatan perekonomian masa depan. Salah dalam mengambil keputusan, kehadiran ekonomi digital akan menimbulkan masalah baru berupa kesenjangan digital.

“Kehadiran ekonomi digital secara tidak langsung justru bisa menimbulkan masalah baru berupa kesenjangan digital (digital divide). Karenanya, peluang investasi di sektor tersebut mesti dioptimalisasi agar infrastruktur dasar digital yang dibutuhkan dapat tersedia dalam memenuhi kebutuhan.,” katanya kepada media, Selasa (28 November 2023)

Dijelaskannya, disaat aktifinya perkembangan ekonomi, teknologi digital dapat memunculkan lapangan pekerjaan baru, menggantikan lapangan pekerjaan lama. Hal itu pastinya akan berdampak buruk jika kesiapan sumber daya manusia tidak dimantapkan sejak dini.

“Pelatihan dan pelatihan ulang harus menjadi keharusan. Kita menggunakan Kartu Prakerja, sebagai salah satu bentuk terobosan untuk menjebatani masyarakat. Pastinya tidak spontan sempurna, tapi itu adalah suatu ikhtiar bahwa akan ada disrupsi di pasar tenaga kerja,” ujar Sri Mulyani.

Ditambahkannya, teknologi digital saat ini juga menjadi berkah bagi pelaku usaha terutama di sektor keuangan, namun juga bisa menjadi bencana. Berkah yang dapat diperoleh ialah kemudahan dan perluasan akses keuangan oleh masyarakat.

“Bisa saja terbalik atau terjadi risiko penurunan di dalam digital technology yang kita semua sadari, dan saya pastikan tidak ada satu pun negara di dunia yang sudah mengerti sekali bagaimana governance, meregulasi, menciptakan kebijakan yang tepat,” tutur Sri Mulyani.

Diakuinya, pertumbuhan nilai dari ekonomi digital akan cukup eksponensial. Namun itu pula yang menyebabkan sumber pertumbuhan ekonomi baru menjadi tidak baik-baik saja. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *