Status Gunung Lewotobi Naik ke Level Awas Satu Desa Dikosongkan

Flores Timur, sinarindonesia.id– Status Gunung Api Lewotobi di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), ditingkatkan ke level IV atau awas. Masyarakat Desa Dulipali, Kecamatan Ile Bura diminta untuk mengosongkan atau meninggalkan Kawasan pemukiman mereka.

“Satu desa sektoral barat laut-utara itu harus dikosongkan. Dari peta KRB, itu Desa Dulipali,” kata Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Lewotobi, Herman Yosep, kepada awak media, (10 Januari 2024).

Dijelaskannya, peningkatan status gunung api tersebut sesuai informasi yang dilangsir Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM.

Dilihat secara visual, terhitung tanggal 1 hingga 9 Januari 2024 tertangkap adanya aktivitas vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki. Gambaran memperlihatkan peningkatan tinggi kolom erupsi maksimum 1.500 Meter dari pusat erupsi di area sebelah barat laut-utara kawah.

Selain itu, PVMBG juga telah mengamati adanya sinar api di kawah utama. Terpantau juga adanya lontaran lava pijar dari puncak.

Aktivitas tremor juga tercatat terus mengalami peningkatan amplitudo. Hal ini menunjukkan terjadinya peningkatan energi erupsi.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 4 Kilometer dari pusat erupsi dan 5 Kilometer dari arah barat laut-utara. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *