Sumur Minyak Ilegal Meledak, Puluhan Hektar Lahan Pertanian Warga Terdampak

Aceh, sinarindonesia.id– Sebuah sumur minyak ilegal di Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, dikabarkan meledak hingga mengakibatkan terjadinya kebakaran hebat.

Ledakan yang terjadi sekitar pukul 20.30 WIB, itu terbakar akibat terbakarnya mesin penyedot minyak hingga merembet ke sumur ilegal tersebut.

Kapolsek Biren Bayean, AKP Lilik Harwanto, saat dikonfirmasi membenarkan terjadinya peristiwa ledakan sumur minyak tersebut.

“Iya benar, saat ini tim gabungan tengah berupaya melakukan upaya pemadaman,” kata Lilik, kepada media, dikutip Jum’at (31 Mei 2024).

Dijelaskannya, ledakan yang mengakibatkan terjadinya kebakaran hebat itu terjadi di Dusun Paya Laot, Gampong Alue Ganang, Kecamatan Biren.

Adapun sumur minyak yang terbakar adalah milik seorang pengebor bernama Rajawali, berasal dari Kecamatan Peureulak Kota, Kabupaten Aceh Timur.

“Lokasi pengeboran berada di tanah milik Wakarni, warga setempat,” ungkapnya.

Dari hasil penyelidikan, kebakaran itu terjadi akibat terbakarnya mesin pompa penyedot minyak, hingga api merambat ke sumur minyak tersebut.

“Saat kejadian, api menyala dengan ketinggian sekitar 20 Meter,” pungkasnya.

Hingga berita ini diterbitkan, penyidik belum bisa memastikan adanya korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Penyelidikan, saat ini masih terkendala akibat kobaran api yang kian membesar hingga merambat ke lahan Perkebunan milik warga disekitar lokasi.

Diketahui, aktivitas pengeboran sumur minyak ilegal itu telah berlangsung dalam satu bulan terakhir. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *