Tenaga Honorer Otomatis diangkat Menjadi ASN

Headline, Nasional180 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bersama Komisi II DPR RI sepakat untuk mengangkat seluruh tenaga honorer menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2024. Kepastian itu, terungkap setelah kedua Lembaga pemerintahan itu melakukan rapat kerja bersama.

“Estimasi total tenaga non ASN yang masih ada saat ini sekitar 1,7 juta orang. Sementara data Badan Kepegawaian Negara (BKN) per 2022 tercatat sebanyak 2.355.092 orang,” kata Menpan RB Abdullah Azwar Anas, kepada awak media, Rabu (17 Januari 2024).

Dijelaskannya, gelaran seleksi CASN, ada sebanyak 570.054 tenaga non ASN yang sudah terangkat jadi PPPK. Sehingga masih tersisa sekitar 1,7 juta tenaga honorer di 2023 kemarin.

Sementara dari perekrutan CASN 2023, terdata masih ada sebanyak 133.564 honorer yang gagal lulus seleksi PPPK. Untuk itu, pemerintah juga menambahkan alokasi formasi PPPK pada gelaran CASN 2024.

“Ada 100 ribuan juga yang belum diterima. Untuk itu formasi PPPK di CASN 2024 jumlahnya diangka 1,7 juta. Mestinya 1,6 juta,” ungkapnya.

Dipastikan, pihaknya berkomitmen untuk mengangkat seluruh tenaga honorer sisa di pemerintah tahun ini, sesuai tenggat waktu penghapusan per Desember 2024.

“Kalau mereka tidak diangkat otomatis ke PPPK paruh waktu, mereka harus di PHK semua, karena aturannya harus PPPK,” ucapnya.

Anas juga menyebutkan seluruh tenaga honorer nantinya akan otomatis berstatus jadi PPPK. Namun, statusnya belum tentu semua akan jadi PPPK penuh waktu, tergantung kemampuan anggaran instansi atau pemerintah daerah bersangkutan.

“Tetap harus ikut seleksi sebagai bagian awal. Namun tidak berdasarkan passing grade, semua berdasarkan ranking. Kenapa di-ranking? Kan daerah enggak punya uang semuanya.,” bebernya.

Meski demikian, untuk status dipastikan otomatis sudah PPPK. Kalau tidak harus diberhentikan.

Diketahui, pemerintah akan membuka seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) dalam bentuk CPNS 2024 dan PPPK sekitar 2,3 juta formasi. Secara jadwal, proses pembukaannya akan dimulai pada pertengahan Maret 2024 mendatang. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *