Tilang Elektronik Berlaku di Tol Pekanbaru-Dumai

Pengguna Jalan Tol diminta tertib berkendara

Daerah, Headline225 Dilihat

Pekanbaru, sinarindonesia.id- PT Hutama Karya (Persero) resmi menggandeng Kepolisian Daerah (Polda) Riau untuk mengimplementasikan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik di jalan tol. Dengan demikian pelanggaran lalu lintas yang dilakukan pengguna jalan di Tol Pekanbaru – Dumai, akan terpantau lewat kamera ETLE dan ditilang.

Kehadiran tilang elektronik ini diharapkan dapat membuat pengguna jalan lebih berhati-hati dan mematuhi tata tertib berkendara di jalan tol, khususnya terkait kecepatan berkendara. Adapun penindakannya sepenuhnya menjadi kewenangan pihak kepolisian.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Kombes Pol Dwi Nur Setyawan, usai penandatangan MOU dengan PT HK, di Hotel Pangeran Pekanbaru, mengatakan bahwa penegakan hukum melalui ETLE dan Weigh-in-Motion (WIM) merupakan upaya membangun keteladanan masyarakat dalam mematuhi aturan di jalan tol.

“Biasanya masyarakat akan tertib bila ada pelaksanaan kegiatan penindakan hukum di jalan, kali ini dengan adanya ETLE masyarakat akan menjadikan ini sebagai kebiasaan,” tuturnya.

Sementara, EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo, kepada media, mengatakan, pemasangan kamera ETLE pastinya dapat memantau kecepatan berkendara pengguna jalan tol, sehingga dapat mengantisipasi terjadinya kecelakaan, serta menurunkan lakalantas di jalan tol khususnya di Provinsi Riau.

“Dengan sistem ini, pengguna jalan yang melintas akan terdeteksi kamera ETLE, apabila terjadi pelanggaran lalu lintas terutama terkait batas kecepatan, otomatis tertangkap oleh sistem tilang elektronik,” ungkapnya. (red)

By : Hadid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *