Tim SAR Gabungan Menemukan Sinyal Jatuhnya Pesawat Kargo Smart Air

Kalimantan Utara, sinarindonesia.id– Tim SAR gabungan dikabarkan menemukan sinyal Long Term Evolution (LTE) terkait lokasi pesawat Smart Air yang diduga jatuh di wilayah Binuang, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara). Sinyal itu ditemukan setelah Pesawat Boeing 737-200 milik TNI AU dikerahkan membantu pencarian.

Kepala Kantor Basarnas Tarakan Syahril, saat dikonfirmasi, membenarkan bahwa ditemukannya sinyal LTE atau lokasi jatuhnya pesawat.

“Ditemukan sinyal LTE di sekitar wilayah Binuang,” kata Syahril, kepada media, Sabtu (9 Maret 2024).

Dijelaskannya, selain sinyal tersebut pihaknya juga menerima laporan warga bahwa mereka sempat mendengaNunukanr suara pohon rebah diduga akibat benturan pesawat. Namun, untuk hal itu masih membutuhkan penyelidikan.

“Koordinat itu kami dapat sinyalnya di koordinat 3 derajat 64 di posisi itu,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Pesawat Boeing 737-200 milik TNI AU, dikabarkan dikerahkan untuk membantu Basarnas dalam mencari pesawat Smart Air yang hilang kontak di Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara). Pesawat tersebut dikerahkan dari Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Kami kerahkan Boeing dari Makassar tadi sudah melakukan pencarian dan ini masih menunggu hasilnya,” kata Kepala Kantor Basarnas Tarakan Syahril, kepada media, Sabtu (9 Maret 2024).

Dijelaskannya, pesawat Boeing 737-200 diberangkatkan pada Sabtu (9 Maret 2024) sekitar pukul 11.25 Wita. Nantinya pencarian melalui jalur udara ini akan dilakukan selama dua jam.

“Disiapkan waktu selama dua jam. Itu dari Makassar awalnya landing ke Tarakan baru landing lagi ke area pencarian,” ungkapnya.

Menurut Syahril, pencarian melalui udara difokuskan guna mengetahui titik pasti pesawat Smart Air yang diduga jatuh di bukit wilayah Binuang, Nunukan. Sementara pencarian darat akan dilakukan apabila badan pesawat ditemukan.

“Untuk saat ini kami masih mencari posisi yang sebenarnya dari objek yang kita cari, sesuai laporan yang diterima,” pungkasnya. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *