Tol Terpeka Gencar Kampanye Keselamatan Pengendara

Daerah, Headline1479 Dilihat

Lampung (SL)-PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera kembali menggelar kampanye keselamatan berkendara melalui Operasi Microsleep untuk  mengurangi angka kecelakaan.

Apel gabungan Tim Tol Terpeka sebelum kegiatan.

Kegiatan dikhususkan kepada pengendara yang melintas di ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) Rest Area KM 208A pada Kamis 24 Agustus 2023 malam pukul 21.00 – 23.00 WIB.

Branch Manager Cabang Tol Terpeka Taufiq Hidayat mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk komitmen untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pengendara di jalan tol.

Selain untuk mengidentifikasi pengemudi yang mengantuk, petugas juga mengedukasi pengendara agar tidak memaksakan berkendara apabila merasa lelah.

Hutama Karya (Persero) berkolaborasi dengan Satuan Polisi Jalan Raya (PJR) dan TNI Marinir dalam melaksanakan operasi microsleep.

“Kami membagikan makanan ringan dan kopi secara gratis kepada pengguna jalan yang melintas,” kata Taufiq.

Menurut Taufiq beberapa pertanyaan dilontarkan oleh petugas. Bagi yang mendapatkan skor penilaian atau Self Assessment mengantuk ataupun lelah. “Maka kami menganjurkan pengguna jalan untuk beristirahat sejenak di rest area KM 208 A sebelum melanjutkan perjalanan,” ucap Taufiq.

Adapun dari Operasi Microsleep dari para responden didapati juga pengguna jalan dapat melanjutkan perjalanan, “Ada yang disarankan istirahat 20 menit dan ada yang disarankan istirahat 1 jam.

Selain itu Hutama Karya juga menekankan agar kendaraan besar (truk dan bus) selalu menggunakan lajur kiri, dan hanya menggunakan lajur cepat saat hendak menyalip.

Dimana hal itu agar kendaraan kecil yang melaju tidak terpancing untuk zigzag atau menyalip dari sebelah kiri sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan.

“Selain itu kami terus menghimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai dengan rambu yang dipersyaratkan, tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat dan selalu waspada pada area sekitar kita,” katanya.

Hutama Karya juga menghimbau pengguna jalan tol apabila mengalami atau mengetahui tindak kejahatan yang ada dijalan tol yang dikelola maupun rest area tol Terpeka agar segera melapor ke Call Center tol Terpeka 0813-2900-0020. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *