Usai RUU Polri Kini DPR Revisi Undang-Undang TNI

Headline, Nasional66 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Dewan perwakilan Rakyat (DPR) RI, dikabarkan tengah melakukan pengkajian terkait revisi Undang-Undang (RUU) TNI.

Setidaknya ada tiga hal yang akan direvisi yakni terkait status TNI, masa pensiun dinas, dan mengenai hubungan TNI dengan Kementerian Pertahanan.

Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin, saat dikonfirmasi membenarkan adanya wacana RUU TNI nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI jelang akhir periode hingga oktober mendatang.

“Iya benar, saya sudah dapat bocoran. Tapi saya belum bisa mengungkapkan hal it uke publik,” kata TB Hasanuddin, kepada media, dikutip Kamis (23 Mei 2024).

Dijelaskannya, adapun rencana merevisi Undang-Undang TNI, hingga kini masih dalam proses pengajuan. Sementara mengenai pembahasan belum diketahui.

“Semuan masih dalam proses. Baru ngobrol bagaimana revisi UU TNI,” ungkapnya.

Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan itu mengaku belum mengetahui persis apakah proses pembahasannya akan melalui Badan Legislasi (Baleg) DPR atau Komisi I yang membidangi urusan pertahanan selaku mitra TNI.

“Untuk persoalan pembahasan itu sudah sampai ke Baleg atau langsung ke Komisi I, belum ada kejelasan kami sedang perdalam,” ucapnya.

Disinggung mengenai substansi, TB Hasanuddin mengatakan setidaknya ada tiga hal yang akan direvisi diantaranya terkait status TNI, masa pensiun dinas, dan mengenai hubungan TNI dengan Kementerian Pertahanan.

“Pertama status Tentara Nasional Indonesia, kemudian yang kedua usia dinas, yang ketiga status hubungan antara TNI dan Kemenhan, dan masalah-masalah anggaran lainnya,” ujarnya.

Diketahui, rencana Revisi UU TNI tersebut menguat bersamaan dengan wacana Baleg DPR yang akan merevisi UU Polri. Dalam rencana revisi itu, DPR akan menyoroti batas usia pensiun terhadap kelompok krops Bhayangkara. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *