Viral!! Pelaku Ujaran Kebencian Terhadap Muslim Palestina Menyerahkan Diri

Daerah, Headline, Kriminal435 Dilihat

Sumatera Utara, sinarindonesia.id– Setelah video ujaran kebencian terhadap umat muslim dan palestina viral di media sosial, seorang pria warga Kabupaten Toba, Sumatera Utara, diserahkan pihak keluarga ke polisi. Pelaku ditetapkan sebagai tersangka penodaan agama, sesuai Pasal 156a KUHP dan Pasal 28 ayat (2) UU ITE.

“Setelah video itu viral, pelaku diantar keluarganya menyerahkan diri ke Polres Toba. Keluarganya meminta dirinya mempertanggungjawabkan perbuatannya,” kata Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi, kepada media di Mapolda Sumut, Senin (27 November 2023).

Setelah melalui proses pemeriksaan, tersangka langsung ditahan petugas di ruang tahanan Polres Toba untuk kepentingan penyidikan lanjutan.

“Pria berinisial LD tersebut, telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan untuk 20 hari ke depan,” ujar Kapolda.

Dijelaskannya, hingga kini penyidik masih mendalami motif tersangka membuat video tersebut. Menurut Agung, video itu sengaja direkam tersangka di salah satu warung di Desa Dolok Saribu, Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba.

“Video itu direkam sendiri oleh tersangka dan diunggah di Snack Video. Dan video ini beredar sebagaimana kita ketahui,” terangnya.

Diketahui, tersangka LD merupakan warga asal Kabupaten Toba, Sumatera Utara. Pria itu merantau ke Sorong, Papua Barat untuk bekerja sebagai sopir.

“Pelaku ini baru dua minggu kembali ke Kabupaten Toba. Dia hampir lima tahun bekerja di Sorong sebagai sopir truk,” katanya.

Dalam Video tersebut, Tersangka meminta Israel memborbardir rumah sakit Indonesia di Gaza Palestina. Tak hanya itu, pria tersebut juga meminta agar masyarakat Palestina bunuh diri daripada dibunuh Israel.

“Habisi saja rumah sakit Indonesia itu ah. Hai kaum Palestina lebih baik kau mati bunuh diri daripada Israel bunuh kamu. Habisi itu semua muslim itu. Hai kaum Israel bantai semua orang Indonesia di sana. Bunuh semua itu ya. Indonesia ini terlalu banyak komentar,” ujarnya.

Ia juga meminta orang Indonesia agar tahu diri tidak melakukan aksi unjuk rasa terhadap serangan yang dilancarkan Israel di Gaza. Tak hanya itu, pria tersebut juga melontarkan pernyataan tak pantas terhadap Nabi Muhammad SAW.

“Kamu bikin rumah sakit di sana, di sini aja banyak orang miskin yang tidak mampu berobat. Bunuh saja semua itu. Bantai semua orang Indonesia di Palestina sana termasuk yang di rumah sakit itu. Biar orang Indonesia ini tau diri. Orang orang muslim ini tau diri. Sedikit sedikit di sini demo masalah Israel. Karena mereka itu adalah pengikut iblis, pengikut setan termasuk pengikut Nabi Muhammad yang mendapatkan Wahyu dari Goa Hira,” ujarnya di narasi video. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *