Wakil Bupati Sumbawa diperiksa Polisi Atas Dugaan Korupsi Pengadaan Masker Covid 19

Daerah, Headline, Kriminal150 Dilihat

Sumbawa, sinarindonesia.id– Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany, dikabarkan diperiksa penyidik Kepolisian Polresta Mataram. Yang bersangkutan diperiksa penyidik, atas dugaan korupsi pengadaan masker COVID-19 pada tahun 2020.

“Benar, yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi dalam kasus COVID-19,” kata Kasat Reskrim Polresta Mataram Kompol I Made Yogi Purusa Utama, kepada media, dikutip Selasa (30 Janurai 2024).

Dijelaskannya, pemeriksaan terhadap Dewi Noviany berlangsung selama 4 jam dalam proses penyidikan kasus dugaan korupsi tersebut. Ia diperiksa sebagai saksi.

“Diperiksa penyidik selama 4 jam,” lanjutnya.

Dari hasil penyidikan, pemeriksaan terhadap Dewi Noviany merupakan bagian dari upaya melengkapi berkas perkara dugaan korupsi pengadaan masker untuk 105 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Nusa Tenggara Barat.

“105 UMKM yang dimaksud sudah diperiksa di hadapan penyidik. Jadi, pemeriksaan yang bersangkutan (Wabup Sumbawa) ini untuk mengombinasikan dengan kesaksian 105 pelaku UMKM,” ungkapnya.

Ditegaskan Yogi, pemeriksaan adik dari mantan Gubernur NTB Zulkieflimansyah itu bukan dalam kapasitasnya Wabup Sumbawa, melainkan sebagai mantan Kepala Subbagian Tata Usaha Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) NTB tahun 2020.

“Dia diperiksa dalam kapasitas, bukan sebagai Wabup Sumbawa,” sambungnya.

Diketahui, Dewi ikut melakukan pengadaan 48.000 masker COVID-19 untuk UMKM. Pengadaan masker itu berada di bawah kendali Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi NTB yang menelan anggaran senilai Rp 12,3 miliar.

“Anggaran itu berasal dari realokasi dan refocusing anggaran dalam upaya mengatasi dampak pandemi COVID dari APBD NTB anggaran 2020,” tutup Kasat Reskrim

Pemeriksaan Dewi, kata Yogi merupakan yang ke dua kalinya sejak proses hukum dari kasus tersebut ditangani penyidik. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *