Wanita Muda Buronan Penjual Arisan Fiktif ditangkap Polisi

Daerah, Headline, Kriminal317 Dilihat

Jombang, sinarindonesia.id– Buronan penjual arisan fiktif ke tangan sejumlah orang di Jombang, Jawa Timur, akhirnya ditangkap polisi. Wanita muda berusia 27 tahun itu, ditangkap petugas di tempat persembunyiannya di Denpasar, Bali.

“Tersangka Carolin Cahya Bingsih, menjual arisan fiktif kepada Anip Anita Rahayu (34), warga Desa Genengan Jasem, pada Maret 2022. Ketika itu, pelaku berdalih para pemilik arisan sedang membutuhkan uang sehingga dijual murah,” kata Kasat Reskrim Polres Jombang AKP Sukaca, kepada awak media, Kamis (4 Januari 2024).

Dijelaskannya, dalam transaksi penjualan arisan itu pelaku juga menjanjikan arisan itu akan cari dua bulan ke depan tepatnya di bulan Mei 2022.

Begitu memasuki bulan yang dijanjikan, arisan Anip tak kunjung cair. Saat diselidiki, ternyata pemilik arisan asli tidak pernah menjual arisan tersebut.

“Saat tiba waktunya 6 arisan itu cair, Anip harus gigit jari. Sebab, para pemilik arisan asli ternyata tidak pernah menjual arisan tersebut,” ungkapnya.

Sementara tersangka Carolin, sudah melarikan diri dari rumahnya di Dusun Kedungboto, Desa Podoroto, Kesamben, Jombang, Jawa Timur.

“Akibat kejadian itu, Anip mengalami kerugian sekitar Rp28 juta,” terangnya.

Anip yang tidak terima dengan aksi penipun itu, kemudian melaporkan peristiwa it uke polisi.

Tepat pada Desember kemarin, kata Kasat Reskrim, pihaknya baru mengendus keberadaan Carolin. Wanita muda itu berada di Desa Sanur, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali.

“Melalui penyelidikan dan penyamaran petugas akhirnya menangkap pelaku dan dibawa ke Jombang untuk pemeriksaan lanjutan,” Pungkasnya.

Bersama tersangka, polisi juga mengamankan barang bukti uang tunai yang diduga milik korban sebagai barang bukti.

Atas perbuatannya, tersangka akan dijerat pasal 378 atau 372 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. (Red)

 By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *