Wisata Lautan Pasir Gunung Bromo diterjang Banjir

Jawa Timur, sinarindonesia.id– Sejumlah titik lokasi di wisata lautan pasir di Kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur, dikabarkan dilanda bencana banjir. Tingginya curah hujan, mengharuskan Kawasan tersebut ditutup hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

“Benar, akibat tingginya curah hujan mengakibatkan banjir di kawasan Gunung Bromo. Peristiwa ini telah berulang kali terjadi,” kata Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Hendra, kepada awak media, Selasa (9 Januari 2024).

Dijelaskannya, banjir tersebut melanda beberapa titik di kawasan wisata tersebut. Meski demikian, Hendra mengatakan banjir akan cepat surut dan menyerap ke dalam pasir.

“Dari aspal menuju ke Pananjakan, di Blok Mendongan, juga ada di sekitar Pengol kalau kita dari arah Malang atau sebaliknya. Biasanya banjir di laut pasir tidak memakan waktu lama, langsung menyerap ke dalam pasir,” ungkapnya.

Dipastikannya, banjir yang terjadi tidak jadi masalah berarti. Pasalnya kawasan Gunung Bromo saat ini masih ditutup karena peringatan Kapitu.

Kapitu dalam istilah warga setempat merupakan bulan ketujuh dalam kalender masyarakat Tengger. Waktunya untuk memperingati kawasan Gunung Bromo akan steril atau bebas dari kendaraan bermotor dan kunjungan wisata.

“Peristiwa itu, bersamaan dengan masuknya Wulan Kapitu. Maka dengan itu wisata Bromo tutup tidak ada aktivitas,” pungkas Hendra.

Derasnya arus banjir yang melanda Kawasan wisata lautan pasir di Gunung Bromo, juga diketahui beredar di media sosial. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *