Zulhas Mendadak Bungkam Ditanya Wartawan Soal MKMK

Yogyakarta, sinarindonesia.id- Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas, mendadak bungkam saat diwawancarai awak media terkait sikap Koalisi Indonesia Maju (KIM) jelang putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi atau MKMK pada 7 November 2023.

“Sudah ya, sudah,” kata Zulhas ditanya saat menghadiri acara Program Akselerasi Ekosistem UMKM Digital di Yogyakarta Senin (6 November 2023).

Menteri Perdagangan itu juga enggan berkomentar saat ditanya terkait riuhnya suara di masyarakat soal putusan MK yang dinilai memuluskan jalan putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming untuk maju Pemilu 2024 mendampingi Prabowo Subianto.

Saat ini, MKMK secara maraton tengah melakukan sidang pemeriksaan terkait dugaan pelanggaran kode etik oleh hakim MK dalam perkara putusan batas usia calon presiden dan wakil presiden. 

Putusan MK soal batas usia calon presiden – wakil presiden diduga penuh rekayasa demi memuluskan pencalonan Gibran. Dugaan rekayasa putusan MK menguat terlebih karena Ketua MK Anwar Usman merupakan adik ipar Jokowi. PAN selaku anggota koalisi pengusung Prabowo-Gibran mau tak mau turut terdampak atas polemik putusan MK itu. MKMK rencananya akan mengumumkan putusan perkara tersebut pada Selasa, 7 November 2023. 

Sebelumnya, Ketua MKMK Jimly Asshiddiqi mengatakan ada tiga sanksi etik jika dalam pemeriksaan itu para hakim MK terbukti melakukan pelanggaran.

“Kalau di Peraturan Mahkamah Konstitusi (PMK) itu kan jelas ada tiga macam (sanksi), teguran, peringatan, dan pemberhentian,” kata dia. Menurut Jimly, sanksi yang paling berat adalah sanksi pemberhentian tidak hormat.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *