Kepolisian Mulai Merespons Keluhan Seniman Butet Kartaredjasa

Daerah, Headline, Kriminal345 Dilihat

Yogyakarta, sinarindonesia.id– Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta, merespons keluhan seniman Butet Kartaredjasa terkait akun Whatsapp (WA) miliknya yang diduga dilumpuhkan. Polisi telah membentuk tim gabungan, untuk melakukan penyelidikan.

“Persoalan itu harus direspons karena merupakan salah satu tugas polisi terhadap aduan masyarakat, termasuk yang disampaikan Pak Butet,” kata Kabid Humas Polda, Kombes Pol Nugroho Arianto kepada media, Minggu (10 Desember 2023).

Dijelaskannya, saat ini tim gabungan Tengah melakukan penyelidikan dugaan pelumpuhan akun whatsapp tersebut. Diakui Nugroho, sejak Sabtu (9 Desember 2023), pihaknya sudah mengerahkan tim gabungan yang terdiri dari Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) dan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus). Hasilnya, diketahui nomor WA Butet terhubung dengan perangkat (device) lain.

“Peristiwa itu merupakan illegal access (akses ilegal) terhadap aplikasi WhatsApp pada ponsel Pak Butet yang bisa disalahgunakan. Pihaknya berjanji akan melakukan penyelidikan hingga tuntas,” beber Nugroho.

Sebelumnya, Butet mengabarkan via akun media sosialnya bahwa gawai dan aplikasi WhatsApp (WA) miliknya sedang dilumpuhkan pada Sabtu (9 Desember 2023) lalu. Butet pun mengaku tak bisa mengakses akun WA-nya.

Kemudian, pada Minggu siang, dia mengatakan  akun WhatsApp dirinya dapat kembali berfungsi usai dibantu oleh teman hingga tim kejahatan siber dari Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Bahkan, Butet menyebut seluruh dokumen yang sempat hilang saat akun Whatsappnya lumpuh juga perlahan dapat dipulihkan. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *