Menteri ESDM Investigasi Penyebab Pemadaman Listrik Sumatera

Headline, Nasional35 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasfir, menyatakan akan melakukan investigasi penyebab pemadaman Listrik di seluruh wilayah di Sumatera pada Selasa (4 Juni 2024).

Investigasi itu disiapkan, guna mengetahui penyebab pasti terjadinya gangguan aliran Listrik.

“Investigasi dan Mitigasi itu dilakukan agar permasalahan serupa tidak terulang kembali di kemudian hari,” kata Arifin, dalam bincang media di Gedung Migas, Jakarta (7 Juni 2024).

Dijelaskannya, fokus investigasi itu terutama peralatan yang digunakan. Apabila sudah lama dan tua, maka segera diperbaharui.

“Jadi kesiapan peralatan-peralatan perlu untuk dilihat, yang sudah lama-lama itu perlu dievaluasi lagi dan di-empower,” ungkapnya.

Selain itu, Arifin juga menegaskan akan turun ke lapangan untuk menyelidiki, dan Kementerian ESDM sudah mengeluarkan surat teguran kepada PT PLN (Persero).

“Kami sudah menerbitkan surat teguran. Tim ESDM juga turun,” pungkasnya.

Diketahui, gangguan pemicu pemadaman listrik itu terjadi imbas masalah yang menimpa transmisi SUTT 275 KV Linggau-Lahat selaku jaringan interkoneksi yang terhubung dengan sejumlah wilayah di Sumatera.

Gangguan pada sistem transmisi tersebut berdampak pada sejumlah daerah di Sumatera mulai dari Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Jambi dan Bengkulu. (Red)

By: @did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *