Puluhan Ibu dan Anaknya dipulangkan Uni Emirat Arab ke Indonesia

Global, Headline, Nasional358 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Puluhan warga negara Indonesia (WNI) yang tidak mengantingi dokumen dipulangkan dari Uni Emirat Arab ke Indonesia, Sabtu (18 November 2023) waktu setempat. Pemulangan dengan jumlah banyak tersebut merupakan tahap kedua setelah sebelumnya 101 WNI dipulangkan dari negara yang sama ke Indonesia.

“Sejak awal proses pemulangan, KBRI Abu Dhabi mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Uni Emirat Arab sehingga pemulangan dapat berjalan lancar,” kata Dubes RI untuk Uni Emirat Arab Husin Bagis, dikutip dari Antara Minggu (19 November 2023).

Mereka yang dipulangkan berjumlah 56 orang dan terdiri dari 31 orang anak-anak beserta 25 ibu dari anak tersebut. Hal itu dibuktikan dengan telah dilaksanakannya tes DNA oleh Divisi Hubungan Internasional Polri pada Juni 2023.

Tes DNA dilakukan, mengingat perkawinan mereka tidak tercacat secara resmi dalam sistem administrasi kependudukan baik di Uni Emirat Arab maupun Indonesia, sehingga anak-anak itu akan kesulitan memperoleh dokumen resmi.

Dalam ketentuannya, di saat anak-anak itu tidak memiliki dokumen resmi, mereka akan menghadapi kesulitan mendapatkan hak-hak dasar, termasuk dalam memperoleh pendidikan dan fasilitas kesehatan yang layak. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *