Jokowi : Pemda Tidak Cakap Dalam Memanfaatkan Koneksi Pembangunan Nasional

Headline, Nasional154 Dilihat

Jakarta, sinarindonesia.id– Pemerintah daerah diinstruksikan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sinergi dan harmonisasi kebijakan pemerintah pusat. Penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) harus seirama dengan realisasi pembangunan yang dilakukan pemerintah pusat.

“Pemerintah pusat bangun waduk irigasi tugas daerah tidak dilakukan, bangun pelabuhan jalan provinsi kabupaten/kota tidak terkoneksi untuk apa. Sudah bikin jalan tol mestinya disambungkan kawasan industri wisata perkebunan tidak juga dilakukan ini yang saya tekankan,” kata Jokowi dalam Penyerahan Digital DIPA dan Buku Daftar Alokasi TKD Tahun 2024, Rabu (29 November 2023).

Ditegaskan Jokowi, agar pemerintah daerah memanfaatkan dana transfer daerah untuk perbaikan layanan publik, mulai dari Pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan pengembangan alternatif inovasi pembiayaan.

Tidak lupa, Presiden juga mengingatkan agar pemerintah daerah menjaga iklim investasi. Karena persoalan ini erat hubungannya dengan pertumbuhan ekonomi daerah mapun nasional.

“Untuk investasi saya tekankan karena yang lain berat,” paparnya.

Tepat diakhir tahun saat ini, Jokowi juga meminta agar penggunaan anggaran dioptimalkan. Setiap program yang sifatnya membangun harus diprioritaskan dan yang belum tuntas untuk segera diselesaikan. (Red)

By: H@did

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *